Rabu, 01 Mei 2013

Kunjungan Industri Elektro FT UM di PJB Gresik 2013

Diawal bulan april 2013, jurusan teknik elektro universitas negeri malang melaksanakan kunjungan industry bagi mahasiswa semester ke-4. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa agar mengenal dunia industry sebagai tempat untuk praktek kerja bagi mereka. Bebagai industry yang kami kunjungi antara lain: Bursa Efek Surabaya, PT. XL Axiata Surabaya, PT. Cocacola Surabaya, PT. Petrokimia Gresik, dan PJB Gresik. Namun semua industry ini tidak kami tuju, melainkan kami dibagi dari berbagai rombongan yang disesuaikan dengan program studi masing-masing mahasiswa. Khusus untuk program studi pendidikan teknik elektro hanya mengunjungi PT. Petrokimia Gresik dan PJB Gresik, sedangkan sisanya dikunjungi mahasiswa dari program studi pendidikan teknik informatika. Kunjungan ini tepatnya dilaksanakan tanggal 3 dan 4.
Kebetulan saya mendapat jatah untuk mengunjungi PJB Gresik pada tangggal 4 april 2013 bersama 57 mahasiswa dan dosen. Berangkat dari univ. negeri malang at 5.30 am, kami menempuh perjalanan dari malang ke gresik selama kira2 4 jam menggunakan bis. At 09.30 kami sampai di pintu masuk PJB Gresik, memberikan surat pengantar kunjungan industry ke pihak recepsionis dan kamipun disilakan untuk menuju ke gedung knowledge center PJB Gresik.  Didepan knowledge center terdapat sebuah giant rotor dari turbin uap yang sudah tidak dipakai lagi.


Knowledge center merupakan gedung yang digunakan untuk mengenal, memahami, dan mengetahui tentang PJB secara umum. Disini kami mendapatkan berbagai macam ilmu tentang proses pembangkitan listrik, baik yang berasal dari uap, gas, maupun uap dan gas. PJB gresik sendiri dapat menghasilkan listrik sebesar 2218 MV dengan rincian: PLTU 600MW , PLTG 40MW, PLTGU 1500MW. Setelah sekitar 1 jm didalam ruang kamipun berkeliling PJB menggunakan bis dan berhenti di desaltion atau mesin yang digunakan untuk mengubah air garam menjadi air tawar dalam proses penguapan. “PJB Gresik memiliki luas area 78 Ha dengan jumlah pembangkit 18 unit”, tutur pembimbing kunjungan dari perusahaan tersebut. Setelah sekitar beberapa menit di desaltation, kamipun kembali ke Knowledge Center dan kemudian meneruskan perjalanan pulang ke Malang. Dan tiba di Malang sekitar pukul 4 sore. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar